Enter your keyword

Rabu, 10 Juni 2015

Promosikan Wisata Melalui Pekan Kebudayaan Pidie Jaya

BERTEPATAN Milad ke-VIII Kabupaten Pidie Jaya, Pemerintah menggelar kegiatan rutin Pekan Kebudayaan Pidie Jaya dan pameran pembangunan. Kegiatan akbar ini akan berlangsung pada tanggal 1- 6 Juni 2015 di Arena Objek Wisata Pantai Trienggadeng Pidie Jaya.

Bagian dari Kalender of Event Aceh 2015, Pekan Kebudayaan ini akan menampilkan serangkaian kegiatan dalam rangka melestarikan adat, budaya dan potensi wisata di Kabupaten Pidie Jaya.

Sekretaris Panitia, Jauhar mengatakan rangkaian kegiatan pada Pekan Kebudayaan Pidie Jaya 2015 meliputi Pegelaran Kesenian, Aneka Lomba Seni Tradisional/ Kreasi, Aneka Lomba Permainan Rakyat, Pameran Potensi Daerah dan Kerajinan Rakyat (Home Industri) serta Pasar Rakyat.

“Kegiatan tidaklah semata-mata sebagai hiburan rakyat tetapi sebagai informasi bagi pengusaha baik lokal maupun internasional yang ingin mengembangkan potensi sumber daya yang ada di Kabupaten Pidie Jaya,” ujarnya.

Unsur Instansi, BUMN, BUMD, Kecamatan, Swasta, Organisasi Kemasyarakatan, Pemuda, dan masyarakat umum diberikan stand pameran di arena yang luasnya mencapai 10 Hektar itu. “Sudah 50 stand pameran disiapkan,” kata Plt. Kepala Dinas Perhubungan, Kebudayaan, Pariwisata, Komunikasi dan Informatika.

Penampilan group kesenian dari masing-masing kecamatan dan daerah turut memperkaya khasanah dalam melestarikan nilai-nilai adat dan budaya, sehingga dapat menjadi suatu komoditi yang memiliki nilai jual di tingkat Nasional maupun Internasional.

Berbagai perlombaan budaya seperti, Geulayang Tunang, Galah, Geudeu-geude,Kayoh Jalo, Enggrang (Geunteut Trieng), dan Gaseng akan memeriahkan Pekan Kebudayaan ini.

“Kemudian seni tradisi/kreasi baru yang akan ditampilkan adalah, Rapai Geleng,Seudati, Seumapa, Like Maulid, Doda Idi Aneuk, Rebana, Meureukon, Dalail Khairat, dan Nazam,” ujar Jauhar.

Wakil Bupati Pidie Jaya, sebagai ketua panitia Said Mulyadi mengatakan Pekan Kebudayaan Pidie Jaya ke IV ini akan menampilkan seluruh kerajinan masyarakat sebagai ajang untuk mempromosikan Pidie Jaya ke Luar daerah.

“Seluruh hasil kerajinan masyarakat itu akan ditampilkan dalam satu stand khusus, yakni stand dewan kerajinan daerah,” ujar Said Mulyadi.

Kegiatan yang lainnya adalah pegelaran kesenian, aneka lomba seni tradisional dan kreasi, aneka lomba permainan rakyat, pameran potensi daerah dan kerajian rakyat (home industri) serta pasar rakyat. [acehterkini]