Enter your keyword

Kamis, 13 Agustus 2015

Ayam Tangkap, Sensasi Dedaunan Di Dalam Mulut

Loveaceh.com – Ayam bakar kecap, ayam bumbu rujak, ayam rica-rica, ayam pop Padang, dan sejumlah resep masakan ayam khas Nusantara lainnya mungkin sudah pernah Anda cicipi. Lalu bagaimana dengan ayam tangkap? Apakah Anda pernah mendengarnya?

Ayam tangkap adalah kuliner berbahan dasar daging ayam yang sangat terkenal di Aceh, khususnya Aceh Besar dan Banda Aceh. Namanya sangat unik, banyak orang yang di luar Aceh mendengar namanya saja membuat mereka penasaran. Apalagi melihat penampilannya yang unik dan berbeda dengan menu kuliner ayam pada umumnya.

Selain ayam tangkap, sebutan lain pada makanan khas Aceh ini adalah ayam sampah. Pantas memang di sebut ayam sampah, karena ketika di sajikan ayamnya tersembunyi di balik dedaunan yang renyah bila di makan.

Ayam tangkap adalah daging ayam yang di goreng dan disajikan dengan taburan dedaunan dan bercampur dengan bawang goreng. Daun yang di pakai bukan sembarangan daun, yaitu daun salam koja yang dalam bahasa lokal disebut ‘Temurui’ dan daun pandan yang dirajang kasar.

Campuran kedua daun ini dan disertai bawang goreng menciptakan kombinasi aroma yang membangkitkan selera dan cita rasa gurih yang nikmat menggoda.

Menu ayam tangkap setelah Tsunami 2004 yang melanda Aceh semakin terkenal, dan banyak rumah makan khas Aceh yang menjadikannya menu utama. Seperti Ayam Tangkap Cut Dek, Ayam Tangkap Blang Bintang, dan banyak lainnya.

“Kebiasaan masyarakat Aceh yang di kampung-kampung, sebelum memasak menu daging ayam, ayamnya di tangkap dulu dan di potong. Mungkin karena ini di sebut ayam tangkap”, ujar warga Aceh Besar yang bercerita pada Loveaceh.com.

Namun berbeda di rumah makan, kebiasaan menangkap ayam yang hidup alami di belakang perkarangan rumah tidak dilakukan lagi. Banyak rumah makan yang menyajikan menu makanan khas Aceh ini lebih memilih membeli ayam kampung, dan di olah menjadi ayam tangkap.

Nah, bagi Anda pelancong yang mengunjungi Aceh atau di Kota Banda Aceh, jangan lewatkan untuk mencoba hidangan ayam tangkap ini. Tak sulit untuk menemukan rumah makan yang menyajikan makanan khas Aceh ini.

Ayam tangkap yang ketika di gigit gurih, renyah, dan garing. Di tambah lagi dedaunan yang seperti kerupuk yang nikmat dan renyah ketika di kunyah merupakan perpaduan yang pas yang akan membuat Anda kangen akan kuliner khas Aceh ini.

Selain makanan khas Aceh ayam tangkap di atas, bila berkunjung ke Aceh jangan lupa cicipi aneka kuliner khas Aceh lainnya, seperti mie Aceh dan sate Matang. (Loveaceh)