Enter your keyword

Kamis, 26 November 2015

Disbudpar Aceh Berikan Penghargaan Kepada Resto dan Cafe


Acara pemberian penghargaan kepada resto, rumah makan dan cafe terbaik yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Parawisata (Disbudpar) Aceh berjalan dengan lancar. Acara tersebut dilaksanakan di Hotel Grand Aceh Banda Aceh. Selasa, 24 November 2015.

Dalam acara tersebut ikut hadir Kepala Disbudpar yang diwakili oleh Amiruddin Tjoet Hasan selaku Kabid Pengembangan Usaha Pariwisata. Dalam kesempatan ini ia menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para undangan yang sudah hadir untuk mengikuti acara ini.

“Kehadiran saudara-saudara adalah untuk menyaksikan usaha kerja keras pemilik usaha resto, rumah makan dan cafe dalam menjaga hygienitas produk olahan tangan, kebersihan tempat usaha dan lingkungan serta memberikan pelayanan yang standar kepada konsumen yang membutuhkan jasa/produk mereka,” ucapnya.

Pemerintah RI telah menetapkan bahwa seluruh usaha parawisata harus mempunyai sertifikasi usaha/standar usaha dan sertifikasi kompetensi pada tahun 2016 seiring dengan telah berlakunya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) dimana masyarakat negara anggota ASEAN sudah bebas berusaha dan bekerja dalam lingkup ASEAN. katanya.

Oleh karena itu, tanpa keraguan apabila kita tidak mengikuti aturan tersebut, maka Indonesia akan tergilas dengan MEA tersebut. Kami berharap kepada seluruh pengusaha parawisata agar dapat segera mengurus sertifikasi usaha dan sertifikasi kompetensi bagi karyawannya. tuturnya.

Dalam agenda ini Disbudpar memilih dua kategori pemenang. Masing-masing adalah restoran/rumah makan terbaik dan cafe terbaik. Total sebanyak 80 rumah makan dan cafe dari empat kabupaten/kota bersaing menjadi yang terbaik versi Disbudpar. Keempat kabupaten/kota tersebut adalah Bireuen, Kota Lhokseumawe, Kota Langsa, dan Aceh Barat.

Penilaian mencakup higienisitas, gizi, sanitasi, dan kehalalan sajiannya, baik makanan maupun minuman. Sedangkan tim juri terdiri dari lima elemen masyarakat, yaitu akademisi gizi, SMK3, Dinas Kesehatan, Majelis Permusyawaratan Ulama, dan Persatuan Hotel dan Rumah Makan Indonesia.

Dari penjurian tersebut, akhirnya pemenang untuk kategori rumah makan adalah KFC Meulaboh, diikuti Jambo Kupi Ulee Blang kota Langsa dan Rumah makan AA kota Lhokseumawe

Sedangkan untuk kategori cafe, juara pertama diraih Cafe Optimal Premium dari Bireuen, dikuti warung kopi Bireuen Partee dan Wongsolo Lhokseumawe.

Bagi setiap pemenang berhak mendapatkan hadiah berupa sertifikat dan uang pembinaan jutaan rupiah.