Enter your keyword

Senin, 01 Agustus 2016

Pulau Banyak Bisa Jadi Andalan Pariwisata Aceh

Pulau Banyak Bisa Jadi Andalan Pariwisata Aceh
Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah, menyebutkan daerah Aceh punya potensi yang sangat besar dalam hal kebudayaan dan pariwisata. Kedua hal tersebut, kata Gubernur, merupakan bagian dari aspek pembangunan yang akan dipacu oleh pemerintah, di samping pembangunan infrastruktur, industri, pendidikan, pertanian dan kesehatan.

“Sektor kebudayaan dan pariwisata tidak boleh kita abaikan. Aceh punya potensi yang luar biasa dalam bidang ini,” ujar gubernur saat pembukaan Pagelaran Seni dan Budaya — Festival Pulau Banyak, Minggu (24/7/2016).

Aceh Singkil, kata Gubernur termasuk salah satu daerah yang punya potensi untuk pengembangan pariwisata dan pelestarian kebudayaan. Terbukti masyarakat Aceh Singkil masih banyak yang mempertahankan sejumlah tradisi lokal.

“Semua budaya itu harus kita lestarikan agar tidak lekang ditelan arus globalisasi,” ujarnya.

Salah satu upaya untuk melestarikan kebudayaan adalah melalui pagelaran budaya yang diselenggarakan secara berkelanjutan. Itu sebabnya, kata gubernur, dirinya selalu menekankan kepada seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota agar menfasilitasi kegiatan kebudayaan guna memberi ruang kepada pegiat seni dan anak-anak muda untuk menunjukkan kepeduliannya di bidang seni tradisional.

“Jika forum budaya itu kita abaikan, saya kuatir tradisi lokal yang ada di daerah kita akan hilang secara perlahan,” ujar Gubernur.

Dalam hal pariwisata, gugusan Pulau Banyak di Aceh Singkil bisa dibilang sebagai salah satu lokasi andalan wisata Aceh yang mengalami kemajuan pesat. Media internasional bahkan menyebut kawasan Pulau Banyak sebagai surga tersembunyi di ujung selatan Aceh.

Karenanya, Gubernur mengajak seluruh masyarakat Pulau Banyak agar mempersiapkan diri dalam menyambut setiap tamu yang datang ke daerah Pulau Banyak.

Bupati Aceh Singkil Safriadi SH, menyebutkan bahwa sektor pariwisata memang menjadi unggulan di Aceh Singkil. Bupati menyampaikan, dalam tahun ini saja ribuan wisatawan yang berkunjung ke Pulau Banyak dan meminta agar Pemerintah Provinsi Aceh agar membantu Pemerintah Kabupaten agar membangun sarana dan prasarana penunjang untuk kemajuan Pulau Banyak.

“Kami butuh transport (kapal cepat), dan pembangunan infrastruktur seperti di Sabang,” ujar Bupati Safriadi.

Foto: Disbudpar Aceh/Ahmad Ariska